Pagi kawan, kemarin kita sudah belajar tentang drupal membuat nav dan article.
Sekarang kita akan belajar tentang membuat bloks di drupal dan contact.

Pertama kita buka drupalnya terus kita ambil teh dan roti hehehehe...........

Jika sudah membuka halaman drupal kalian login dulu sebagai admin,dan nanti akan masuk kehalaman utama drupal.Selanjutnya kalian klik nav yang ada diatas dan pilih yang structure seperti ini...........



Jika sudah tampil seperti ini maka kalian tinggal klik yang blocks,dan akan muncul halaman seperti ini........



Jika sudah muncul seperti ini maka yang anda lakukan adalah,klik add yang terdapat pada lingkaran hitam atau yang saya lingkari maka nanti akan muncul halaman seperti ini........





Akan muncul halaman seperti ada diatas,halaman seperti membuat sebuah article tapi berbeda karena ada tambahan seperti pada gamabar 2 dan 3.

Kalian tinggal isi seperti membuat sebuah article,tapi pada text ke 2 pada gamabar 1 kalian harus isikan untuk penamaan blocksnya.Jika sudah pada gambar 2 di tinggal aja dan pada gambar 3 kalian pilih options yang bawah, dan isi pada text dengan isi <front> seperti itu.

Jika sudah klik save terus,nanti akan kehalaman sebelumnya seperti ini...........


disitu ada tulisan coba,tulisan itu tadi yang aku buat dan saya namai coba,disbelahnya kan ada pilihan itu gunanya untuk menempatkan blocks tadi.Saya menempatkan blocks tadi di second sidebar berarti itu tempatnya ada disebelah kanan.

Jika sudah menentukan posisinya maka kalian tinggal save,maka nanti hasilnya seperti ini..................


Dan itu hasilnya seperti pada gambar,ada disebelah kanan dan saya kasih judul materi.Yang coba tadi itu nama blocksnya .

Membuat blocks di drupal sudah selesai maka kita berhasil,tinggal kita minum teh dan makan roti yeyeyeyeye.........

Semoga bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa dicoba,sekian dan terima kasih.