Webcame atau kamera web (bahasa Inggris: webcam, singkatan dari web dan camera) adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolahpesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.
Bisa baca selengkapnya di sini

Mungkin dari anda sekalian sudah banyak yang memanfaatkan perangkat ini,baik itu untuk kebutuhan berfoto-foto maupun untuk kegiatan lain,seperti video konfersi jarak jauh maupun sebagai kamera pengintai (CCTV).

Kali ini saya akan membuat cctv dari android dan vlc,meskipun berbeda dengan cctv yang asli yang pentin bisa melihat atau memantau dari laptop.

Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan :

  • Ponsel Android,Kenapa penulis memakai Ponsel Android,ide awalnya sebenarnya penulis ingin membuat CCTV menggunakan webcam yang sesungguhnya dan terintegrasi dengan ubuntu yang dimiliki penulis,tapi dikarenakan penulis belum mempunyai webcamnya,sementara coba pakai Ponsel Android yang dimiliki oleh penulis (bukankah kita harus memanfaatkan teknologi yang ada hehehe).
  • Aplikasi IP WebcamAplikasi untuk menjadikan kamera di Ponsel Android sobat sekalian menjadi webcam pribadi,cara kerja aplikasi ini yaitu dengan menggunakan satu jaringan wifi antara Ponsel Android dengan laptop/PC. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis di Playstore Android sobat sekalian.

  • Laptop/PCSiapkan laptop atau PC yang sudah terpasang wifi USB,pastikan wifi di laptop dapat berfungsi dengan lancar,baik sebagai pemancar maupun sebagai penerima.                                                                                            
  • Software VLC playerMungkin kebanyakan sobat memanfaatkan VLC player sebagai pemutar video (termasuk penulis),baik untuk menonton film atau mendengarkan musik. Tapi tahukah sobat sekalian,VLC player ternyata dapat digunakan juga sebagai tools untuk menampilkan/monitoring CCTVkita.
                                        
  • Jaringan Internet,Dapat berupa wifi maupun tethering dan hotspot dari ponsel kita.
Langkah-langkahnya seperti berikut :
  • Download IP Webcame dulu di playstore di android anda.

  •  Download VLC jika belum punya bisa di ubuntu software center atau bisa di terminal dengan perintah ini #apt-get install VLC seperti pada gambar dibawah ini :


  • Sekarang menyamakan jaringan internetnya dari ponsel dan laptop anda,bisa menggunkan hospot dari ponsel anda atau jaringan wifi lainnya.

  • Disini saya menggunakan jarangan wifi,langsung connectkan di ponsel anda dan di laptop anda.

  • Jika sudah connect semua tinggal masuk ke IP Webcame di ponsel anda nanti ada beberapa untuk mengatur supaya bisa terhubung seperti ini :

  • Jika sudah diatur tinggal kalian pilih yang paling bawah yaitu start server.

  •  Dan nanti anda akan mendapatkan IP dari webcame ponsel anda.
  • Pada tulisan yang ada di bawah itu IP webcamenya.Lalu kita buka aplikasi VLCnya,klik media dan pilih open network stream lalu pada kolom masukan IP yang ada pada gambar webcame di atas contoh : http://172.20,2,45:8080/videofeed seperti ini : 
  •  Jika sudah memasukan seperti pada gambar klik play,dan lihat hasilnya pada laptop anda,dan ini hasilnya :
  • Ini hasilnya dari laptop,jangan gunakan untuk hal yang negatif gunakan untuk hal yang positif.
Sumber :http://rizalnurhadi97.blogspot.co.id/2014/09/membuat-cctv-sederhana-menggunakan-vlc.html

Semoga bermanfaat terima kasih