Saya disini akan menerapkan instal Joomla di ubuntu,Sebelum masuk ke instalasi apakah kalian udah tau Joomla?
Jika ada yang belum tau saya akan menjelaskan tentang Joomla.
Joomla adalah sebuah content management system  (CMS) dibuat dengan bahasa php (PHP Hypertext Processor).
Sebelum memasuki instalasi anda harus downloads Joomla dulu di web resminya.Jika suda kalian pindah di htdocs atau di var/www/html.
di sini saya tidak menggunakan htdocs,Joomla yang sudah di extract pindah di folder var/www/html.Saya menggunakan ubuntu saya memindahkan perintah terminal seperti ini :


Setelah kalian pindah buka firefox atau google dan tulis alamat berikut :

localhost/Joomla

Jika berhasil nanti akan muncul halaman seperti ini :



Jika sudah muncul kalian isi semua, jika sudah kalian isi klik next yang berwarna biru.Setelah itu kalian masuk kehalaman berikutnya seperti ini :


Halaman ini utuk konfigurasi database,kalian isi semua dengan benar dan masukan nama databasenya.Jika sudah kalian klik next dan nanti akan muncul halaman berikutnya seperti ini : 


Isi semua seperti biasanya dan nanti kalian masuk kehalaman ini : 

 Pilih none nanti klik instal dan tunggu sampai selesai.Nanti akan muncul halaman seperti ini : 

Jika sudah muncul halaman seperti ini tinggal satu langkah, kalian klik remove instalation jika berhasil nanti akan muncul halaman seperti ini : 


Ini halaman untuk login ke admin,kalian masukan user dan pass yang kalian buat tadi terus klik login masuk ke halaman admin seperti ini : 

Akhirya saya menerapkan instal Joomla di ubuntu sudah selesai.Instal Joomla tidak susah jika anda mendapatkan kesulitan tinggal kalian tanya.Jangan lupa dicoba,semoga bermanfaat buat kalian terima kasih.