Kanvas Jam



Bagian I - Buat Canvas

Jam membutuhkan sebuah wadah HTML. Buat HTML kanvas 300 x 300 pixel:












Kode HTML:
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<canvas id="canvas" width="300" height="300" style="background-color:#333"></canvas>

<script>
var canvas = document.getElementById("canvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
var radius = canvas.height / 2;
ctx.translate(radius, radius);
radius = radius * 0.90
drawClock();

function drawClock() {
    ctx.arc(0, 0, radius, 0 , 2*Math.PI);
    ctx.fillStyle = "white";
    ctx.fill();
}
</script>

</body>
</html>


kode Dijelaskan :
Tambahkan HTML <canvas> elemen kehalaman anda:

<canvas id="canvas" width="300" height="300" style="background-color:#333"></canvas>

Membuat objek kanvas (var canvas)  dari elemen HTML canvas:

var canvas = document.getElementById("canvas");

Membuat objek gambar 2d (var ctx) untuk objek canvas:

var ctx = canvas.getContext("2d");

Hitunglah jari-jari jam,mengunakan ketinggian canvas

var radius = canvas.height / 2;

Menggunakan tinggi kanvas untuk menghitung jari-jari jam, membuat jam kerja untuk semua ukuran canvas.
Remap posisi(objek gambar)(0,0) ketengah canvas:

ctx.translate(radius, radius);

Mengurai radius jam (90%) untuk manarik jam baik didalam canvas:

radius = radius * 0.90;

Buat fungsi untuk menggambar jam:

function drawClock() {
    ctx.arc(00, radius, 0 , 2*Math.PI);
    ctx.fillStyle = "white";
    ctx.fill();
}

Bagian II Menggambar Wajah Jam


Jam membutuhkan wajah jam.Membuat fungsi JavaScript untuk menggambar wajah jam:


JavaScript:

function drawClock() {
    drawFace(ctx, radius); 
}

function drawFace(ctx, radius) {
    var grad;

    ctx.beginPath();
    ctx.arc(00, radius, 02*Math.PI);
    ctx.fillStyle = 'white';
    ctx.fill();

    grad = ctx.createRadialGradient(0,0,radius*0.950,0,radius*1.05);
    grad.addColorStop(0'#333');
    grad.addColorStop(0.5'white');
    grad.addColorStop(1'#333');
    ctx.strokeStyle = grad;
    ctx.lineWidth = radius*0.1;
    ctx.stroke();

    ctx.beginPath();
    ctx.arc(00, radius*0.102*Math.PI);
    ctx.fillStyle = '#333';
    ctx.fill();
}


Kode Dijelaskan:

Buat draw face () fungsi untuk menggambar wajah jam:

function drawClock() {
    drawFace(ctx, radius); 
}

function drawFace(ctx, radius) {
}


Menggamabar lingkaran putih:

ctx.beginPath();
ctx.arc(00, radius, 02*Math.PI);
ctx.fillStyle = 'white';
ctx.fill();

Membuat gradien radial (95% dan 105% dari jam radius asli):

grad = ctx.createRadialGradient(0,0,radius*0.950,0,radius*1.05);

Buat 3 berhenti warna, sesuai dengan bagian dalam, tengah, dan tepi luar busur:

grad.addColorStop(0'#333');
grad.addColorStop(0.5'white');
grad.addColorStop(1'#333');

Tentukan gradien sebagai gaya stroke objek gambar:

ctx.strokeStyle = grad;

Menentukan lebar garis dari objek gambar (10% dari radius):

ctx.lineWidth = radius * 0.1;

Menggambar lingkaran:

ctx.stroke();

Menggambar pusat jam:

ctx.beginPath();
ctx.arc(00, radius*0.102*Math.PI);
ctx.fillStyle = '#333';
ctx.fill();



Bagian III - Menggambar Nomor Jam

Jam perlu nomor. Membuat fungsi JavaScript untuk menarik nomor jam:


JavaScript:
function drawClock() {
    drawFace(ctx, radius);
    drawNumbers(ctx, radius); 
}

function drawNumbers(ctx, radius) {
    var ang;
    var num;
    ctx.font = radius*0.15 + "px arial";
    ctx.textBaseline="middle";
    ctx.textAlign="center";
    for(num= 1; num < 13; num++){
        ang = num * Math.PI / 6;
        ctx.rotate(ang);
        ctx.translate(0, -radius*0.85);
        ctx.rotate(-ang);
        ctx.fillText(num.toString(), 00);
        ctx.rotate(ang);
        ctx.translate(0, radius*0.85);
        ctx.rotate(-ang);
    }
}


Contoh Dijelaskan

Mengatur ukuran font (objek gambar) ke 15% dari radius:
ctx.font = radius*0.15 + "px arial";
Mengatur perataan teks ke tengah dan pusat posisi cetak:
ctx.textBaseline="middle";
ctx.textAlign="center";
Menghitung posisi cetak (untuk 12 nomor) 85% dari radius, diputar (PI / 6) untuk setiap nomor:
for(num= 1; num < 13; num++) {
    ang = num * Math.PI / 6;
    ctx.rotate(ang);
    ctx.translate(0, -radius*0.85);
    ctx.rotate(-ang);
    ctx.fillText(num.toString(), 00);
    ctx.rotate(ang);
    ctx.translate(0, radius*0.85);
    ctx.rotate(-ang); 
}

Bagian IV - Menggambar Jam Tangan

Jam tangan membutuhkan. Membuat fungsi JavaScript untuk menggambar tangan jam:


JavaScript:

function drawClock() {
    drawFace(ctx, radius);
    drawNumbers(ctx, radius);
    drawTime(ctx, radius);}

function drawTime(ctx, radius){
    var now = new Date();
    var hour = now.getHours();
    var minute = now.getMinutes();
    var second = now.getSeconds();
    //hour    hour=hour%12;
    hour=(hour*Math.PI/6)+(minute*Math.PI/(6*60))+(second*Math.PI/(360*60));
    drawHand(ctx, hour, radius*0.5, radius*0.07);
    //minute    minute=(minute*Math.PI/30)+(second*Math.PI/(30*60));
    drawHand(ctx, minute, radius*0.8, radius*0.07);
    // second    second=(second*Math.PI/30);
    drawHand(ctx, second, radius*0.9, radius*0.02);
}

function drawHand(ctx, pos, length, width) {
    ctx.beginPath();
    ctx.lineWidth = width;
    ctx.lineCap = "round";
    ctx.moveTo(0,0);
    ctx.rotate(pos);
    ctx.lineTo(0, -length);
    ctx.stroke();
    ctx.rotate(-pos);
}

Contoh Dijelaskan

Gunakan Tanggal untuk mendapatkan jam, menit, detik:
var now = new Date();
var hour = now.getHours();
var minute = now.getMinutes();
var second = now.getSeconds();
Hitung sudut jam tangan, dan menggambar panjang (50% dari radius), dan lebar (7% dari radius):
hour=hour%12;
hour=(hour*Math.PI/6)+(minute*Math.PI/(6*60))+(second*Math.PI/(360*60));
drawHand(ctx, hour, radius*0.5, radius*0.07);
Gunakan teknik yang sama untuk menit dan detik.
The drawHand () rutin tidak perlu penjelasan. Itu hanya menarik garis dengan panjang tertentu dan lebar.

Bagian V - Mulai Jam

Untuk memulai jam, memanggil fungsi drawClock pada interval:













JavaSricpt:
var canvas = document.getElementById("canvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
var radius = canvas.height / 2;
ctx.translate(radius, radius);
radius = radius * 0.90
//drawClock();setInterval(drawClock, 1000);

Contoh Dijelaskan

Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan (untuk memulai jam) adalah untuk memanggil fungsi drawClock pada interval.
Pengganti:
drawClock();
Dengan:
setInterval(drawClock, 1000);

Demikian tutorial dari kami membuat kanvas jam 
semoga bermanfaat bagi kalian ^_^