Saya akan menerapkan menginstal moodle di ubuntu.Pertama apakah anda tau tentang moodle? jika belum tau saya akan menjelaskan tentang moodle.
Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Adalah perangkat lunak yang dibuat untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle adalal aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang menggunakan memanfaatkan teknologi informasi.

Gak usah lama-lama penjelasannya langsung saja ke moodle.
Pertama kalian downloads moodle di situs resminya, jika sudah anda downloads extract file moodle dan pindahkan file ke htdocs atau var/www/html.
saya menggunakan ubuntu maka jika mau memindakan file ke htdocs atau di var/www/html harus menggunakan terminal seperti ini :


Setelah kalian pindah kalain buka firefox atau google dengan alama ini :

localhsot/moodle

Jika sudah anda tulis maka akan muncul halaman seperti ini :

Jika sudah muncul halaman seperti ini kalian tingal klik next,nanti akan menuju halaman berikutnya seperti ini :






Nanti tinggal klik next dibawah,terus akan mucul halaman ini :



Tinggal klik next juga nanti akan muncul halaman berikutnya :

Halaman ini untuk setting database, kalian isi text-text tersebu jika sudah klik next. Nanti akan menuju installation seperti ini :

 Tinggal klik continue.


Ini juga tinggal klik continue dibawah.


Halaman ini untuk instal tunggu sampai selesai,ini agak lama instalnya.Jika sudah selesai maka akan muncul halaman seperti ini :

Ini halaman admin,untuk mengatur-maengatur dan memberi modul.
dan selanjutnya halaman login seperti ini :

Halaman login untuk masuk ke halaman frontend.Dan ini halaman backend :

Halaman backend, dan sekarang kalian tinggal coba membuat moodle.Membuat moodle tidak sulit,tapi mudah seperti wordpress.Jika anda menemukan masalah tinggal tanya,semoga bermanfaat buat kalian terima kasih