Apa Itu jQuery?

Disini saya akan menjelaskan tentang jQuery:
pengertian jQuery:
      jQuery adalah Javascript Library - kumpulan kode/fungsi Javascript siap pakai,sehingga.mempermudah dan mempercepat kita dalam membuat kode javascript,maka diperlukan kode yang cukup panjang,bahkan terkadang sangat sulit dipahami, misalnya fungsi Javascript untuk membuat stripe (warna selang seling) pada baris suatu tabel.
Kesimpulannya,jquery menyederhanakan kode Javascript.hal ini sesuai dengan slogannya `Write less, do more' cukup tulis sedikit bisa membuat banyak hal.
   
Mengapa Memilih jQuery?

     Mengapa kita memilih jQuery dibandingkan Javascript Library pendahulunya seperti Prototype,Mootools,YUI(Yahoo User Interface), dan Dojo? Berikut beberapa alasan yang membuktikan jQuery sangat powerful dan layak dijadikan pilihan yaitu:

  • jQuery telah banyak digunakan oleh website-website terkemuka di dunia.
  • Kompatibel/cocok dengan semua browser yang populer, seperti Mozilla,Internet Explorer,Safari,Chrome,dan Opera.
  • Kompatibel dengan semua versi CSS(CSS 1 sampai CSS3).
  • Dokumentasi, Tutorial dan contoh-contohnya lengkap,silahkan kunjungi website resminya di http://jquery.com.
  • Didukung oleh komunitas yang besar dan aktif, seperti forum, milis, blog, social engineering(twitter, dan facebook), website, dan jQuery.
  • Ketersedian plugin yang sangat banyak jumlahnya. plugin merupakan kemampuan tambahan yang bisa disertakan pada jQuery.
  • Filenya hanya satu dan ukurannya pun kecil, hanya sekitar 20 KB, sehingga cepat aksesnya.
  • Open source/free(gratis)dengan lisensi dari GNU General Public License dan MIT license.
  • jQuery lebih banyak digunakan oleh para developer web dibandingkan Javascript Library lainnya.

      Dalam tren google pun, jQuery paling mendominasi dibandingkan Javascript Library lainnya.
Biasanya tren google  berhubung dengan tren skill pekerjaan, khususnya dibidang IT.

Apa Kemampuan Yang Dimiliki jQuery?

     Dari beberapa uarain diatas, kita sudah melihat sebagian kemampuan jQuery.Berikut ini akan dijabarkan lebih lengkap lagi mengenai kemampuan yang dimiliki oleh jQuery, diantaranya:
  • Mempermudah akses dan manipulasi elemen tertentu pada dokumen.Biasanya diperlukan baris program yang cukup panjang untuk mengakses suatu elemen  dokumen. Namun, jQuery dapat melakukan hanya dalam beberapa baris program saja, karena jQuery mempunyai Selector yang sangat efisien untuk mengakses suatu elemen tertentu pada dokumen yang selanjutnya bisa dimanipulasi sesuai dengan dengan keinginan kita.
  • Mempermudah modifikasi/perubahan tampilan halaman web.Biasanya untuk memodifikasi tampilan halaman web digunakan CSS.Permasalahannya,CSS sangat dipengaruhi oleh web browser yang digunakan, sehingga sering terjadi halaman web yang dibuat sudah rapi dan bagus menjadi berantakan. Namun, jQuery dapat menyesuaikan style CSS pada semua browser, sehingga permasalahan tersebut dapat dihindari.
  • Mempersingkat Ajax(Asynchronous Javascript and XML).Kemampuan favorit dari ajax adalah kemampuan mengambil informasi dari server tanpa melakukan refresh pada halaman web, artinya halaman web terlihat berganti secara otomatis. Apabila kita menuliskan kode ajax secara manual, biasanya diperlukan baris yang cukup panjang, namun jQuery dapat mempersingkat menggunakan Ajax call.Perbandingan25 baris kode Ajax dapat di singkat menjadi 5  baris kode saja dengan jQuery.
  • Memiliki API(Application Programming Interface).Dengan API, jQuery dapat memanipulasi content pada suatu halaman web, seperti pengubahan texs, manipulasi gambar(resize,rotate,crop),penyusunan daftar (list),pengurutan list,paging, dan lain-lain.
  • Mampu merespon interaksi antara user dengan halaman web dengan lebih cepat.
  • Menyediakan fasilitas untuk membuat animasi sekala Flas dengan mudah.
Demikianlah beberapa kemampuan yang ditawarkan jQuery, apakah Anda sudah tergoda untuk mempelajarnya??Lets begin..