Canvas Tutorial
HTML <canvas>
elemen digunakan untuk menggambar grafik pada halaman web.
Grafik ke kiri
dibuat dengan <canvas>. Ini
menunjukkan empat unsur: persegi panjang merah, persegi panjang gradien,
persegi panjang multicolor, dan teks multicolor.
Apa itu HTML Canvas?
Pasti ada yang belum tau apa itu html
canvas,di sini saya akan memberikan materi tentang html canvas
HTML <canvas>
elemen digunakan untuk menggambar grafik, dengan cepat, melalui scripting
(JavaScript biasanya).
The <canvas>
elemen hanya wadah untuk grafis. Anda harus menggunakan script untuk
benar-benar menarik grafis.
Kanvas memiliki
beberapa metode untuk menggambar jalan, kotak, lingkaran, teks, dan menambahkan
gambar.
Saya akan memberikan contoh-contoh sederhana
menggambar pada canvas dengan Javascript:
Menggambar pada kanvas Dengan
JavaScript
Semua menggambar pada
kanvas HTML harus dilakukan dengan JavaScript:
<script>
var canvas =
document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.fillStyle = "#FF0000";
ctx.fillRect(0,0,150,75);
</script>
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.fillStyle = "#FF0000";
ctx.fillRect(0,0,150,75);
</script>
Langkah 1: Cari kanvas Element
Pertama-tama, Anda
harus menemukan <canvas> elemen.
Hal ini dilakukan
dengan menggunakan metode HTML DOM getElementById ():
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
Langkah 2: Buat objek
Menggambar
Kedua, Anda
membutuhkan objek gambar untuk kanvas.
GetContext () adalah
objek HTML built-in, dengan sifat dan metode untuk menggambar
var ctx = canvas.getContext("2d");
Langkah 3: Menggambar di Canvas
Akhirnya, Anda dapat
menggambar pada kanvas.
Mengatur gaya
mengisi dari objek gambar untuk warna merah:
ctx.fillStyle = "#FF0000";
Properti fillStyle
bisa menjadi warna CSS, gradien, atau pola. Default fillStyle
hitam.
The fillRect (x, y, lebar,
tinggi) metode
menggambar persegi panjang, penuh dengan gaya mengisi, di kanvas:
ctx.fillRect(0,0,150,75);
Dan hasilnya seperti ini:
Dan saya akan memberikan contoh lain dari html
Canvas:
Kanvas Koordinat
HTML kanvas adalah
grid dua dimensi.
Sudut kiri atas
kanvas memiliki koordinat (0,0)
Pada bab sebelumnya,
Anda melihat metode ini digunakan: fillRect (0,0,150,75).
Ini berarti: Mulai
di sudut kiri atas (0,0) dan menggambar persegi panjang 150x75 piksel
Koordinat Contoh
Mouse persegi
panjang di bawah ini untuk melihat x dan y koordinat:
X
Y
Menggambar Line
Untuk menggambar garis
lurus di kanvas, gunakan metode berikut:
- moveTo (x, y) -
mendefinisikan titik awal dari garis
- lineTo (x, y) -
mendefinisikan titik akhir dari garis
Untuk benar-benar
menarik garis, Anda harus menggunakan salah satu "tinta" metode,
seperti stroke ().
Contoh:
Tentukan titik awal di posisi (0,0), dan titik akhir di
posisi (200.100).Kemudian gunakan metode stroke () untuk benar-benar menarik
garis:
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.moveTo(0,0);
ctx.lineTo(200,100);
ctx.stroke();
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.moveTo(0,0);
ctx.lineTo(200,100);
ctx.stroke();
Menggambar Lingkaran
Untuk menggambar
sebuah lingkaran di atas kanvas, gunakan metode berikut:
- beginPath ();
- arc (x, y, r, start, stop)
Contoh:
Mendefinisikan
lingkaran dengan metode busur (). Kemudian gunakan metode stroke () untuk
benar-benar menarik lingkaran:
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.beginPath();
ctx.arc(95,50,40,0,2*Math.PI);
ctx.stroke();
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.beginPath();
ctx.arc(95,50,40,0,2*Math.PI);
ctx.stroke();
Canvas - Gradien
Gradien dapat
digunakan untuk mengisi persegi panjang, lingkaran, garis, teks, dll Bentuk di
kanvas tidak terbatas pada warna solid.
Ada dua jenis yang
berbeda dari gradien:
- createLinearGradient (x, y, x1,
y1) -
menciptakan gradien linier
- createRadialGradient (x, y, r,
x1, y1, r1) -
menciptakan radial / melingkar gradien
Setelah kita
memiliki objek gradien, kita harus menambahkan dua atau lebih berhenti warna.
The addColorStop ()
metode menentukan berhenti warna, dan posisinya di sepanjang gradien. Posisi gradien dapat
di mana saja antara 0 hingga 1.
Untuk menggunakan
gradien, mengatur properti fillStyle atau strokeStyle untuk gradien, kemudian
menggambar bentuk (persegi panjang, teks, atau garis).
Menggunakan
createLinearGradient ()
Contoh:
Buat gradient linier.Isi
persegi panjang dengan gradient:
JavaScript:
var
c=document.getElementById("myCanvas");
var ctx=c.getContext("2d");
// Create gradient
var grd=ctx.createLinearGradient(0,0,200,0);
grd.addColorStop(0,"red");
grd.addColorStop(1,"white");
// Fill with gradient
ctx.fillStyle=grd;
ctx.fillRect(10,10,150,80);
var ctx=c.getContext("2d");
// Create gradient
var grd=ctx.createLinearGradient(0,0,200,0);
grd.addColorStop(0,"red");
grd.addColorStop(1,"white");
// Fill with gradient
ctx.fillStyle=grd;
ctx.fillRect(10,10,150,80);
Menggunakan
createRadialGradient ():
Contoh:
Buat radial / melingkar gradien. Isi persegi panjang dengan
gradien:
JavaScript:
var c=document.getElementById("myCanvas");
var ctx=c.getContext("2d");
// Create gradient
var
grd=ctx.createRadialGradient(75,50,5,90,60,100);
grd.addColorStop(0,"red");
grd.addColorStop(1,"white");
// Fill with gradient
ctx.fillStyle = grd;
ctx.fillRect(10,10,150,80);
var ctx=c.getContext("2d");
// Create gradient
var grd=ctx.createRadialGradient(75,50,5,90,60,100);
grd.addColorStop(0,"red");
grd.addColorStop(1,"white");
// Fill with gradient
ctx.fillStyle = grd;
ctx.fillRect(10,10,150,80);
Menggambar teks pada kanvas
Untuk menggambar
teks pada kanvas, properti yang paling penting dan metode adalah:
- Font - mendefinisikan sifat font
untuk teks
- fillText (teks, x, y) - menarik
"diisi" teks pada kanvas
- strokeText (teks, x, y) - menarik
teks pada kanvas (tidak ada isi)
Menggunakan fillText ()
Contoh:
Mengatur font untuk 30px “Arial” dan
menulis text penuh di kanvas:
JavaScript:
var canvas
= document.getElementById("myCanvas");
var ctx
= canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px
Arial";
ctx.fillText("Hello
World",10,50);
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px Arial";
ctx.fillText("Hello World",10,50);
Menggunakan strokeText ()
Contoh
Mengatur font untuk 30px "Arial" dan menulis teks, tanpa
mengisi, di kanvas:
JavaScript:
var canvas =
document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px
Arial";
ctx.strokeText("Hello
World",10,50);
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px Arial";
ctx.strokeText("Hello World",10,50);
Tambahkan warna dan Pusat Teks
Contoh:
Mengatur font untuk 30px
"Comic Sans MS" dan menulis teks merah diisi di tengah kanvas:
JavaScript:
var canvas =
document.getElementById("myCanvas");
var ctx
= canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px
Comic Sans MS";
ctx.fillStyle = "red";
ctx.textAlign = "center";
ctx.fillText("Hello
World", canvas.width/2,
canvas.height/2);
var ctx = canvas.getContext("2d");
ctx.font = "30px Comic Sans MS";
ctx.fillStyle = "red";
ctx.textAlign = "center";
ctx.fillText("Hello World", canvas.width/2, canvas.height/2);
0 Comments