Sebelum anda memasuki topologi Routing, anda harus tau apa itu router dan routing?
Pertama anda pengertiannya.....
PENGERTIAN ROUTER
      Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk  mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan menuju tujuannya melalui proses yang disebut routing. Proses Routing terjadi pada Lapisan 3 OSI yaitu pada Layer Network. Untuk pengertian lebih lanjut tentang layer Osi bisa klik disini.
Router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan yang berada pada jaringan yang berbeda supaya bisa berhubungan, proses pengambilan paket data pada perangkat jaringan  kemudian meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.Router berbeda dengan Switch karena switch merupakan suatu perangkat yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lainnya dengan menggunakan kabel.

       Router-router yang saling terhubung pada sebuah jaringan turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi  untuk menentukan jalur terbaik yang harus dilalui paket IP dari sistem ke sistem lainnya. IP Address tidak mengetahui jalur keseluruhan untuk menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan sehingga IP Routing menentukan jalur terbaik yang harus dilewati paket.
Personal Computer (PC) yang biasanya digunakan sebagai router (routing) adalah PC multihomed, yaitu komputer yang memiliki lebih dari 1 NIC (Network Interface Card).
PENGERTIAN ROUTING
Routing merupakan cara untuk menentukan lokasi tujuan dari suatu trafik atau lalu lintas dalam jaringan serta menentukan jalur tercepat untuk menuju ke tujuan tersebut sesuai dengan alamat IP yang diberikan.
Penggunaan routing dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada saat mendesain suatu jaringan, apakah route/jalur yang dibuat bersifat kompleks atau sederhana. Static routing digunakan desain jaringan yang sederhana atau jaringan berskala kecil. Tetapi seandainya kondisi jaringan sudah begitu kompleks, dapat kita gunakan routing Dinamis atau kombinasi dengan menggunakan dinamis routing dan static route pada titik-titik tertentu.
Untuk bisa melakukan Routing ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :
1.      Alamat Tujuan  yang akan dituju.
2.      Router-router tetangga yang menjadi penghubung antara network yang berbeda.
3.      Pemilihan Jalur terbaik untuk  pengambilan data kemudian meneruskannya pada setiap network.