Disini saya akan menjelaskna tentang Yii framework apakah anda tau tentang yii jika belum tau anda harus baca tentang yii dibawah ini.
Pertama kita harus tau apa itu Yii Langsung saja kita masuk ke pengertiannya.

Yii adalah Framework (kerangka kerja) PHP berbasis-komponen,berkinerja tinggi untuk pembangunan aplikasi web berskala-besar Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman web dan maupun meningkatkan kecepatan pengembang secara signifikan. Nama Yii(dieja sebagai /i:/) singkatan dari "Yes It Is!".  Berikut merupakan respon yang paling tepat dan akurat untuk yang baru dengan Yii:

Apakah Yii cepat?....Apakah Yii aman?....Apakah Yii Profesional?....Apakah Yii cocok untuk projek berikutnya?....Yes,it is!.

1. Persyaratan

Untuk menjalankan aplikasi web berbasis Yii, Anda memerlukan server web yang mendukung PHP 5.1.0
Bagi para pengembang yang ingin menggunkan Yii,harus mengerti pemrograman berorientasi-objek(OOP) akan sangat membantu, karena Yii merupakan framework OOP murni.

2. Yii Paling Cocok Untuk Apa?

Yii adalah framework pemrograman umum web yang bisa dipakai untuk mengembangkan semua jenis aplikasi web. Dikarenakan sangat ringan dan dilengkapi dengan mekanisme caching yang canggih, Yii sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas tinggi, seperti portal, forum, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, dan lain-lain.

3. Bagaiman Yii Dibandingkan dengan Framework Lain?

Seperti kebanyakan  PHP framework , Yii adalah MVC framework.

Yii melampaui framework PHP lain dalam hal efisiensi, kekayaan-fitur dan kejelasan dokumentasi. Yii didesain dengan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan apilkasi web secara serius. Yii adalah hasil dari pengalaman kaya para pembuat pada pengembang  aplikasi web dan iventigasi framework pemrograman web dan aplikasi yang paling populer.

Fitur Yii

  • MVC (Model-View-Controller)
Hampir semua Framework PHP saat ini berbasis MVC, tidak terkecuali Yii karena dengan             MVC aplikasi menjadi lebih struktur dan mudah di pahami
  • ORM (Object Relational Mapping )
Object Relational Mapping merupakan salah satu keunggulan Yii dalam urusan Database,jika kita lihat secara spesifik lagi maka Yii sebenarnya menyedihkan mekanisme seperti DAO (Data Access Object), Query Builder (seperti di framework CI), Active Record (ORM) dan database Migration dengan ORM pekerjaan develapor menjadi terbantu karena tidak perlu menulis query SQL yang rumit lagi, cukup dengan memanggil fungsi-fungsi tertentu.

  • Form input dan validasi
Yii sangat membantu sekali dalam urusan menangani form input. karena para develapor telah disediakan  sejumlah validator yang akan memvalidasi inputan dari pengguna aplikasi dengan cara yang mudah dan efisien

  • Widget
Widget merupakan konsep di Yii yang menyediakan komponen-komponen user interface yang siap pakai, misal nya data grid  autocomplet, tree view dll Adapun widget-widget ini ada yang terintergrasi dangan library Jquery sehingga memungkinkan untuk mekanisme AJAX

  • Autentikasi dan Autorisasi
Yii sudah menyediakan mekanisme Autentikasi (login, logout) dan Autorisasi (hak akses) terhadap pengguna sistem, sehingga kita perlu lagi repot-repot membuat dari pertama

  • Skin dan Tema 
Masalah tampilan pun sudah di perhatikan oleh Yii, dengan konsep Skining kita bisa meng-costumize tampilan komponen user interface di aplikasi kita menggunakan CSS sedangkan dengan Theming kita bisa mengganti-ganti seluruh tampilan aplikasi dengan mudah

  • Web Service
Yii memiliki support yang cukup baik untuk membuat web service pada web kita seperti meng-generate spesifikasi WSDL service secara otomatis.

  • Internationalization (I18N) dan Localization (L10N)
Yii menusupport translasi pesan tanggal dan format waktu sesuai dengan lokasi dimana anda berada

  • Caching 
Dengan caching aplikasi yang kita rancang bisa menjadi lebih cepat dan Yii mempermudah mekanisme itu dengan menyedihkan class-class yang siap pakai dan mensupport banyak teknik seperti APC dan memcached.

  • Penanganan Error dan Logging
Segala pesan error yang keluar dari aplikasi anda ditampilkan secara bagus dan mudah dimengerti, mekanisme logging nya juga sangat bagus, sebab kita bisa memilih untuk menampilkan langsumg ataupun disimpan ke suatu file di server.

  • Security 
Yii memiliki fitur keamanan yang membantu dalam mencegah serangan-serangan seperti SQL Injection, XSS, CSRF, Cookie Tempering dll.

  • Bisa bekerja dengan library luar (3rd party)
Yii telah di desain sedemikian rupa sehingga kita bisa memasang library external dari pihak ketiga untuk di sematkan dalam apilkasi kita 

  • Dokumentasi yang lengkap 
Dokumentasi Yii framework bisa dibilang cukup lengkap, setiap method dan property sudah terdokumentasi dengan baik, buku-buku (ebook) dan tutorial mengenai Yii juga lengkap di website nya

  • Unit dan Fuctional testing
Yii memiliki support penuh terhadap test Driven Development sehingga melakukan testing terhadap apilkasi kita menjadi lebih mudah dan menyenangkan, Yii mensupport PHPUnit dan Selenium.

  • Extensions
Yii memiliki segudang extensions. Extensions sendiri merupakan kontribusi dari pengguna-pengguna Yii dengan membuat widget, library atau pun component yang bisa dipakai dan belum ada di Yii secara bulit-in


Demikianlah pengenalan tentang Yii framework  ini semoga kalian berminat untuk mencoba dan menambah ketertarikan terhadap Yii.