Setiap kelas IP dilengkapi dengan default subnet mask sendiri yang batas kelas IP telah diawali jumlah Networks dan diawali jumlah host per jaringan. Classful IP tidak menyediakan fleksibilitas memiliki jumlah kurang dari Host per Network atau lebih Networks per IP Class.

CIDR atau Classless Inter Domain Routing memberikan fleksibilitas meminjam bit dari host bagian dari alamat IP dan menggunakan mereka sebagai Jaringan di Network, disebut Subnet. Dengan menggunakan subnetting, salah satu alamat Kelas A IP dapat digunakan untuk memiliki sub-jaringan yang lebih kecil yang menyediakan kemampuan manajemen jaringan yang lebih baik.

Kelas A Subnet
Di Kelas A, hanya oktet pertama digunakan sebagai Jaringan identifier dan sisa tiga oktet digunakan untuk ditugaskan ke Host (yaitu 16.777.214 Host per Network). Untuk membuat lebih banyak subnet di Kelas A, bit dari bagian host yang dipinjam dan subnet mask berubah sesuai.

Misalnya, jika salah satu MSB (Most Significant Bit) dipinjam dari bit host dari oktet kedua dan ditambahkan ke Jaringan alamat, itu menciptakan dua Subnet (2 1 = 2) dengan (2 23 -2) 8388606 Host per Subnet.

The Subnet mask berubah sesuai untuk mencerminkan subnetting. Diberikan di bawah ini adalah daftar dari semua kemungkinan kombinasi subnet Kelas A:


Dalam kasus subnetting juga, alamat IP pertama dan terakhir setiap subnet digunakan untuk Subnet Nomor dan alamat Subnet Broadcast IP masing-masing. Karena dua alamat IP ini tidak dapat ditugaskan untuk host, sub-jaring tidak dapat dilaksanakan dengan menggunakan lebih dari 30 bit sebagai Network Bits, yang menyediakan kurang dari dua host per subnet.

Kelas B Subnet

Secara default, menggunakan Classful Networking, 14 bit digunakan sebagai bit Jaringan menyediakan (2 14) 16384 Jaringan dan (2 16 -1) 65.534 Host. Alamat IP kelas B dapat subnetted cara yang sama seperti alamat kelas A, dengan meminjam bit dari Host bit. Di bawah ini diberikan semua kemungkinan kombinasi dari Kelas B subnetting:



Kelas C Subnet

Alamat kelas C IP biasanya ditugaskan ke jaringan ukuran yang sangat kecil karena hanya dapat memiliki 254 host dalam sebuah jaringan. Diberikan di bawah ini adalah daftar dari semua kemungkinan kombinasi subnetted alamat Kelas B IP:


 sumber revrensi http://www.tutorialspoint.com

Itulah IPv4 subnetting semoga bermanfaat bagi kalian terima kasih.