Disini saya akan merapkan cara menginstal drupal di ubuntu, sebelum itu apakah kalian udah tau tentang drupal?saya akan jelaskan tentang drupal.

Drupal adalah suatu aplikasi untuk membangun sebuah web.Di drupal cara membuatnya cukup mudah, drupal juga sama seperti apilikasi-aplikasi yang lain untuk membangun sebuah web, seperit wordpress, Joomla, dan lainnya.

pertama kalian downloads dulu drupal di web resminya.Jika anda sudah downloads pertama kalian extract terlebih dahulu.
kemudian pindah folder yang sudah terextract ke var/www/html,

Sebelum kalian melanjutkan selanjutnya kalian bisa memasukan perintah seperti ini :



di diubuntu jika mau memindahkan folder ke htdoct tidak bisa langsung harus menggunakan terminal.Caranya seperti ini :
Kita masuk ke folder nya dulu seperti ini nanti enter.Ini memastikan ada folder drupal ada tidak.


Selanjutnya kalian ketik terminal seperti ini :


Itu perintah untuk memindahkan folder kedalam var/www/html jika berhasil nanti akan pindah. Selanjutnya Kalian buka halaman drupalnya, cara memanggilnya seperti ini

localhost/drupal/

jika berhasil akan muncul halaman seperti ini :




Kalian klik save and continue, nanti akan muncul tombol yang sama kalian tinggal klik.Nanti jika sudah di klik nanti akan muncul halaman seperti ini :

Sebelum kalian masuk ke halamannya kalian harus membuat databasenya dulu di phpmyadmin.Jika sudah membuatnya kalian bisa memasukan nama databasenya , user dan passnya, jika sudah kalian klik save dan nanti akan menuju halaman ke instal.Nanti kalian tunggu sampai selesai,jika sudah selesai nanti akan muncul halaman seperti ini :


Ini halaman konfigurasi, kalian isi semua. jika sudah nanti akan menuju halaman ini :


Saya sudah menerapkan membuat drupal, jangan lupa anda mencoba. Membuat drupal cukup mudah tidak sulit, Jika kalian ingin tutorial lainnya kalian bisa cari  url ini http://belajarhtmlcanvas.blogspot.co.id/ 
Semoga bermanfaat bagi kalian terima kasih.